INFORMASI :

" SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN Jalan Desa Sidomukti Kode Pos 54363 "

Bersama Posyandu Perkembangan Anak Terpantau

Bersama Posyandu Perkembangan Anak Terpantau

Berita Desa_ Pada hari  Kamis, 4 April 2024 bertempat di Posyandu Kenanga RT 03 RW 07,  wilayah Kadus 5 Dukuh Penunggalan Sembir Barat melakukan kegiatan Posyandu balita. Kegiatan di hadiri oleh bidan desa Ibu Gita Ayu Kurniawati, AMd.keb ,Kader kesehatan, balita dan ibu balita wilayah Kadus 5. Di desa Sidomukti sendiri ada 6 posyandu balita dan lansia yang diadakan sebulan sekali untuk posyandu balita dan dua bulan sekali untuk posyandu lansianya.

Posyandu balita bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang anak di usia emasnya. Kegiatan posyandu balita biasanya diawali dengan pengisian daftar hadir, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan anak di lanjutkan dengan penyuluhan dari tenaga kesehatan lalu pemberian PMT ( Pemberian Makanan Tambahan ). Setelah melakukan pengukuran, selanjutnya kader posyandu melakukan pencatatan di buku KIA. Hal ini sangat penting agar kodisi anak dan tumbuh kembang anak bisa terpantau dan terdeteksi, apabila ada ke abnormalan tumbuh kembang nantinya akan di rujuk ke puskesmas terdekat.

Adapun manfaat posyandu bagi masyarakat adalah memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita dan ibu. Pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi buruk dan mencegah stunting ( gagal tumbuh ). Perbaikan tambahan pangan bagi balita juga sedang di galakan di Desa Sidomukti untuk menekan angka stunting. Para ibu dan balita terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan posyandu. Bidan desa menyarankan agar ibu balita tetap konsisten melakukan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ) mengingat mulai memasuki musim hujan agar tidak terdampak demam berdarah.

Kegiatan ditutup dengan Pemberian Makan Tambahan untuk seluruh balita

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2